19 December 2007

Pelantikan Rektor Baru IPB

Herry Suhardiyanto dilantik menjadi Rektor Insitutut Pertanian Bogor (IPB) periode 2007-2012 dalam Sidang Paripurna Terbuka Majelis Wali Amanat IPB di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Selasa (18/12) Herry menggantikan rektor sebelumnya, Ahmad Ansori Mattjik.

Suasana pelantikan Dr.Ir.Suhardiyanto, M.Sc., berjalan dengan penuh kehidmatan. Herry duduk paling kiri, sebelah kanannya berturut-turut Ketua Komisi IV DPR RI, Ishartanto, Ketua MWA, Didiek J Rachbini, Kepala Pusat Kajian dan Sumberdaya Pesisir Lautan (PKSPL), Prof.Tridoyo Kusumastanto, dan mantan Rektor IPB Prof. H.A.A.Mattjik, M.Sc. Sedangkan anggota MWA IPB lainnya duduk di belakang sebelah kiri dan kanan mereka.

Acara diawali dengang pembacaan Tap MWA tentang pengangkatan Rektor IPB periode 2007-2012, Pengucapan sumpah jabatan oleh Rektor IPB terpilih, Pelantikan Rektor IPB Periode 2007-2012, Penandatanganan naskah berita acara serah terima jabatan Rektor IPB, dan yang terakhir adalah Penyerahan memorandum akhir jabatan Rektor IPB periode 2002-2007.

Usai acara, Rektor IPB baru, Dr.Ir.Herry Suhardiyanto memaparkan kondisi IPB saat ini dimana memiliki budaya riset yang baik, dosen - dosen yang unggul, dan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki doktor terbanyak. Untuk penerimaan mahasiswa IPB dari luar daerah dan kurang mampu, Herry mengatakan akan tetap diprioritaskan, dengan prinsip bahwa kemampuan akademik menjadi ukuran diterima tidaknya seseorang di IPB.

"Mereka yang berasal dari luar daerah, diberikan tempat, harapannya bisa kembali ke daerahnya, dan membangun pertanian di sana," katannya.

Skala prioritas, Herry akan menjadikan IPB yang siap untuk mengelola program akademik yang sudah berkualitas ini, yaitu dengan sistem manajemen sumberdaya yang efisien dan efektif dalam transparan dan akuntable.

"Pembenahan-pembenahan di sistem manajemen kinerja akan sangat penting untuk melandasai agar semua komponen di IPB ini, (setiap orang, organisasi, unit kerja) mengeatahui visi yang akan dicapai IPB secara keseluruhan, dan visi itu diturunkan kepada prespektif masing-masing unit, sehingga semuanya dapat bekerja dalam mencapai tujuan bersama," paparnya..

No comments: