07 December 2007

Es Krim dan Kanker Prostat

Scientist Agri jangan berlebihan kalo makan es krim, keju, dan juga beberapa produk olahan susu. Emang semuanya tuh enak dan juga sehat, tapi ternyata riset terbaru ngebuktiin kalo kebanyakan makan produk susu bisa ningkatin resiko kanker prostat.

Penelitian yang dipimpin sama seorang ahli nutrisi Universitas Havard AS, June M. Chan ini melibatkan 21.000 laki laki dewasa sebagai responden. Kepada responden ditanya soal pola makan selama 11 tahun terakhir, yang lalu dibandingkan dengan riwayat kesehatan responden.

Chan membagi responden jadi dua kelompok. Yang pertama kelompok orang yang menkonsumsi produk susu minimal 600 mg per hari. Dan yang kedua, kelompok orang yang menkonsumsi produk susu 150 mg per hari.

Dugaan sementara bahwa kalsium yang terlalu banyak dapat menekan vitamin D dalam darah. Padahal vitamin D sendiri berperan untuk mengontrol sel sel yang berkembang di kelenjar prostat. Jadi karena jumlah vitamin D yang ditekan, perkembangan sel sel yang ada di kelenjar prostat pun menjadi tak terkendali dan dapat memicu kanker.

Nah makanya Scientist Agri (khususnya yang pria) jangan ampe terlalu banyak menkonsumsi produk susu deh...

No comments: