27 January 2009

All about Hiccups alias Cegukan

Bagaimana caranya Saintis Agri menghilangkan cegukan? Apakah dengan cara menahan nafas? Atau bernafas dengan kantong kertas? Atau bahkan menyuruh teman untuk mengagetkan dari belakang??
Setiap orang pasti punya cara favorit untuk menghilangkan cegukan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Dari Mana Asalnya??
Sebenarnya cegukan berasal dari diafragma, yaitu otot di bawah paru-paru, yang bekerja tidak normal. Ketika cegukan, diafragma tertarik ke bawah secara tiba-tiba. Ini mengakibatkan seseorang bernafas sangat cepat, tapi saluran nafas akan tertutup, jadi timbullah suara cegukan itu. hiks..hiks...

Cegukan seringkali akibat beberapa hal, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin setelah makan makanan panas, makan makanan yang panas banget atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan alkohol, atau karena ketidakseimbangan elektrolit.

Fakta Cegukan
- Ternyata, ngga cuma manusia, semua mamalia bisa cegukan.
- Bayi yang baru saja dilahirkan pasti mengalami cegukan.
- Bahkan, bayi yang belum dilahirkan pun dapat mengalami cegukan.
- Namun, sang ibu yang sedang hamil, lebih jarang cegukan loh..

Apakah Berbahaya?
Kebanyakan cegukan berlangsung cepat dan tidak membahayakan. Tapi dalam kasus yang langka, cegukan dapat berlangsung dalam beberapa hari, bahkan hingga mengganggu saat makan dan tidur. Jika berlangsung lebih dari sebulan, maka harus ada perawatan khusus dengan obat atau operasi.

Tahukah Anda..
Rekor untuk cegukan paling lama dipegang oleh Charles Osborne dari Iowa, Amerika Serikat. Ia cegukan selama 68 tahun !! sejak tahun 1922 hingga pada tahun 1990, cegukannya berhenti dengan sendirinya.


3 comments:

excel.. said...

Cegukan..?? Pernah banget gw.. paling ga suka kalo udah mau ujian trus cegukan.. menyebalkan...

AGRIFM said...

ahahaha... cegukan tuh lucu tau... seneng bangetdeh klo liat orang ceukan...ehhehehee

obet said...

hahaha...
cegukan ... bikin maluuuuu