14 March 2007

Pengantar Menjadi Penyiar (Part 1)

Penyiar. Saat mendengar kata ini, sebagian besar orang akan merasa tertarik. Pekerjaan sebagai orang yang tugas nya bercuap cuap didepan mikrofon atau kamera televisi ini merupakan dambaan bagi sebagian besar masyarakat, terutama yang masih berusia muda. Mengapa ? sebagian orang menilai pekerjaan ini penuh dengan tantangan, sebagian menganggap pekerjaan ini mudah untuk dilakukan, sebagian lagi menganggap, pekerjaan ini dekat dengan selebriti, salah satu cara menggapai ketenaran, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Pada saat pertama kali ditanya kan pada orang yang melamar sebagai penyiar, ada yang sekedar ingin tahu, menambah pengalaman, dan ingin mendalami dunia broadcasting, serta memperluas pergaulan. (berdasarkan pengalaman rekrutmen di Agri FM).

Apakah sebenarnya pekerjaan sebagai penyiar ini mudah untuk dilakukan ? apakah memang tidak membutuhkan keahlian khusus ? apakah menjadi penyiar bisa terkenal ? masih banyak lagi pertanyaan yang akan muncul, berkaitan dengan profesi ini. Tulisan ini akan mencoba menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, sehingga pada akhirnya akan menjadi lebih jelas bagi anda, apa sebenarnya pekerjaan penyiar tersebut.

Dengan berkembang pesatnya dunia penyiaran di indonesia dan semakin banyaknya jumlah stasiun televisi atau radio, tentu membutuhkan pula sumber daya manusia yang lebih banyak. Tidak hanya untuk menjadi pemain sinetron, penyanyi, presenter, tetapi juga sebagai programmer, creative, penulis naskah, sutradara, dan lain lain. Memang, pekerjaan untuk tampil di depan layar kaca televisi dan di depan mikrofon lebih menarik banyak orang, karena lebih mudah untuk kelihatan, dan tentunya lebih mudah membuat seseorang untuk dikenal.

Kegiatan casting sebuah produksi acara bisa didatangi oleh ribuan orang, demikian pula dengan pembukaan lamaran untuk menjadi penyiar di sebuah stasiun radio. Mengapa seseorang bisa diterima ? mengapa anda tidak ? apa kelebihan mereka dan kekurangan anda ? apakah faktor bawaan lahir seperti wajah dan suara yang bagus memang sangat menentukan ? ternyata tidak semuanya benar. Karena saya sampai saat ini hanya mengusasai bidang radio, maka saya tidak akan membahas mengenai cara-cara untuk menjadi presenter televisi, bintang sinetron, dan lainnya yang berkaitan dengan dunia televisi, tulisan ini akan lebih fokus pada penyiar radio, dan kegiatan lainnya dalam sebuah stasiun radio.

Modal utama untuk menjadi seorang penyiar radio adalah suara. Ya, tentu saja, karena hanya suara yang dapat terdengar melalui radio. Apakah wajah ikut menentukan ? adakalanya iya, karena sudah menjadi sesuatu hal yang alami kalau manusia menyukai sesuatu yang cantik, indah, dan enak dilihat. Lalu, apakah suara menjadi syarat mutlak ? jawaban pertanyaan ini akan bisa melegakan anda yang merasa bersuara tidak terlalu bagus, tidak ngebass bagi pria, dan terlalu cempreng bagi wanita. (to be continued...)

1 comment:

Hidan Noazoro said...

Tapi bagaimana kalo nggak ada Pengalaman????
Rata rata Radio Radio Mencari orang yang sudah berpengalaman!!
Yang di tanayakan??? apa bisa mengajukan surat Lamaran dengan membawa CD Demo kita???
Dan apakah dengan yang membawa CD Demo Nggak akan kalah saing dengan orang yang sudah berpengalaman??? ( Surat Pengalaman menjadi Penyiar????