15 June 2008

Relax during StressTime

Minggu ini adalah minggu yang agak berat untuk beberapa saintis Agri. Soalnya, sebagian besar mahasiswa IPB sedang menjalankan Ujian Akhir Semester.
Agri FM bukannya mau ngebahas tentang "Bagaimana Cara Belajar yang Baik", soalnya udah basi banget.. Kita semua udah 'tau' bagaimana cara belajar. (mungkin yang kita ngga tau, gimana cara ngejalaninnya. ;p).
Sekarang, Agri FM bakal ngebahas tentang "Bagaimana mengatasi Stress selama Ujian".

1. Jalan-jalan. Cobalah menyejukkan diri dengan berjalan-jalan ke tempat yang punya banyak tumbuhan hijau, misalnya Kebun Raya Bogor, Taman Buah Mekarsari, Katulampa, atau bahkan ke Puncak. Menghirup udara yang banyak ternyata bisa menurunkan kadar stress loh. Kalo tempat-tempat tersebut masih kelewat jauh, Taman Rektorat juga ngga apa-apa koq.

2. Belajar Bareng Pacar. Cara yang satu ini lumayan jitu, soalnya bisa sedikit menghilangkan stress akibat kejenuhan kalo belajar sendirian. Kalo emang belum punya pacar, bisa diganti sama 'belajar bareng gebetan', koq.

3. Sediain Cemilan. Kalo cara ini, lumayan berhasil untuk orang-orang yang suka nimbun lemak. Tapi hati-hati, kalo terlalu kenyang, bisa menimbulkan rasa kantuk loh. Usahakan jangan menghabiskan cemilan pada saat akan mulai belajar. Beri reward dengan cemilan itu, misalnya setelah belajar 1 halaman, kamu baru boleh makan 1 wafer atau sesendok puding, yummy..

4. Baca Buku Komik. Terbukti, dengan tersenyum, seseorang akan lebih tenang. Jadi buat saintis Agri, coba baca buku-buku komik yang lucu  saat lagi stuck dengan pelajaran yang lagi dihafalin. Tapi inget, jangan sampai keterusan baca komiknya, setelah agak sedikit relax, balik lagi untuk belajar yah.

5. Musik Favorit. Seseorang akan berusaha untuk senang apabila mendengarkan musik kesayangannya. Ini juga berlaku untuk temen-teman yang suntuk pada saat belajar. Cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu favorit di MP3/MP4 atau request aja di Agri FM. hehe. (raph)

1 comment:

andi CIHUY said...

radio yg gw dengerin pas kuliah dulu nih....

sayangnya siarannya ga nyape jakarta, jadi sekarang gw ga bisa ngedengerin lagi