31 October 2007

SUM 41, kembali ke asal...


SUM 41 adalah sebuah band asal Ajax, sebuah kota kecil di Kanada yang awalnya dibentuk oleh Deryck Whibley (gitar, vokal) dan Steve 'Stevo' Jocz (drum) yang adalah teman SMA yang punya ambisi sama untuk menjadi terkenal. Lalu setelah lulus SMA, Dave Baskh (gitar) bergabung bersama mereka dan terakhir Jason 'Cone' McCaslin (bass) pun bergabung dengan mereka pada tahun 1999.

Ternyata mencari ketenaran bukan hal mudah untuk didapat di kota Ajax yang menurut mereka sebuah kota yang membosankan. Namun kerja keras Deryck cs tidak sia sia, setelah berhasil menggaet Greig Nori vokalis band punk Kanada Treble Charger, menjadi manager band mereka.
Hampir semua lagu SUM 41 adalah hasil tulisan Deryck. Ini diakui sendiri oleh Stevo, yang mengatakan bahwa tanpa Deryck, SUM 41 hanya sebuah band yang memainkan lagu orang lain.
Bermodalkan kenekatan dan perjuangan keras, akhirnya band ini bisa memperdengarkan lagu lagunya ke seluruh dunia terhitung sejak album Half Hour Of Power yang mengandalkan lagu Makes No Difference dirilis pada tahun 2000.
Kesuksesan diikuti pada album lainnya, All Killer No Filler (2001) dan juga Does This Look Infected (2002)c yang mengandalkan musik musik bertipe pop punk, punk rock, dan skate punk dengan video yang humoris seperti pada video klip In Too Deep dan The Hell Song.

Perubahan influence baru terasa pada Album ke4 mereka, Chuck (2004) yang terkesan lebih serius dan tidak berkesan humor. Album ini dinamakan Chuck yang diambil dari nama seorang tentara PBB, Chuck Pelletier yang telah menyelamatkan mereka dari perang di Kongo pada tahun 2004 lalu.

Setelah album Chuck dirilis, SUM 41 harus dihadapi persoalan baru dengan keluarnya Dave dari band yang dikarenakan perbedaan konsep musiknya setelah mendengar demo album terbaru mereka. Toh keluarnya 'gitaris sakti' ini tidak membuat band ini patah semangat. SUM 41 terus maju dan hasilnya pada 24 Juli 2007 album Underclass Hero dirilis. lagu lagunya terdengar lebih punk dibanding album Chuck. Bilang saja lagu Underclass Hero dan Dear Father yang kental dengan nuansa punk seperti SUM 41 pada saat album album pertamannya.

Hal ini tentunya lebih menarik hati para fans SUM 41 yang kebanyakan adalah pecinta punk. Dan tentunya ini juga membuat mereka bangga dan berkata bahwa mereka akan membuat banyak tour untuk album ini. Semoga saja Indonesia tidak terlewat dari agenda tour mereka...hehehe

1 comment:

Oz said...
This comment has been removed by a blog administrator.