14 December 2006

Welcome To Agri FM Blog

Radio Komunitas Institut Pertanian Bogor atau yang dikenal dengan nama AGRI FM secara resmi mulai beroperasi setelah dikeluarkannya rekomendasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat No. 482.2/39/BPSFR Tanggal 21 September 2004.
Agri FM sendiri secara resmi didirikan sejak tanggal 3 Oktober 1993 bersamaan dengan acara penutupan Dies Natalis IPB yang ke 30.

Radio ini didirikan sebagai sarana penyebarluasan informasi dari dunia pertanian dan pendidikan, serta sebagai jembatan antara IPB dengan masyarakat luas. Radio komunitas menjadi pilihan karena IPB selama bertahun tahun telah berpartisipasi dalam pengembangan siaran pedesaan radio di tingkat nasional dan daerah. Dalam bidang pendidikan, IPB telah memiliki program studi yang berorientasi komunikasi massa dari jenjang S0 sampai S2, dan siaran radio merupakan bagian dari kurikulumnya.

Pendidikan staf dan mahasiswa, maupun pengalaman mereka dalam praktek menyiar dan mengelola produksi siaran, merupakan salah satu sumberdaya IPB yang berguna untuk mengembangkan radio siaran komunitas. Pemanfaatan sumberdaya tersebut akan sangat berguna sekali untuk menghasilkan program program siaran radio dalam usaha penyebarluasan informasi sehingga dapat membantu perkembangan bidang pertanian dan pendidikan.